BERUBAH: RTH Ngegong Jadi RTP

NGEGONG – Untuk semakin meningkatkan fungsi, kini Ruang Terbuka Hijau (RTH) berubah menjadi Ruang Terbuka Publik (RTP). Berbagai fasilitas publik dilengkapi, seperti kursi taman, lampu, hingga alat fitness.

‘’Fungsi taman tidak hanya sebagai konservasi kini. Tapi dapat digunakan untuk beragam kegiatan masyarakat,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto, Rabu (28/11) saat diwawancarai oleh Madiun Today.

Taman, kata dia, tidak lagi sebagai ruang terbuka hijau (RTH) kini. Fungsinya ditingkatkan menjadi RTP. Pihaknya menambah enam unit lampu LED baru. Tak heran, taman kian terang kala malam. Masyarakat tidak perlu lagi khawatir saat singgah malam hari. Sebab, lampu yang ditambahkan jenis penerangan, bukan lampu taman yang redup.

Selain itu, terdapat kursi taman sebagai pelengkapnya. Masyarakat yang ingin menikmati rerumputan juga disilahkan. Asal jangan sampai menimbulkan kerusakan. Soeko menyebut taman cukup representatif sebagai tempat melepas penat. Sebab, taman memiliki ratusan pohon dengan belasan jenis. Mulai dari pohon dengan fungsi ekologi dan perlindungan hingga pohon buah. Taman memang dijadikan sebagai tempat edukasi ke depan.

‘’Taman juga sebagai tempat berolahraga. Makanya, kami tambah sejumlah alat fitness luar ruang. Penambahan baru November ini,’’ terangnya.

Soeko menyebut ada tujuh alat fitness yang dipasang. Di antaranya, Rowing Machine, Multi Height Leg Streching Station, Double Sit Up Board, Horse Rider Machine, dan Parallel Bars. Alat-alat ini sama dengan yang terpasang di sisi timur lapangan Gulun. Seperti Rowing Machine yang biasa digunakan untuk membentuk kaki dan lengan. Sebab, alat mengandalkan ayunan kaki dan tarikan tangan. Harus mendorong dengan kaki juga menarik dengan lengan. Alat ini tidak hanya membuat tubuh bagian atas lebih sehat dan terbentuk. Tapi juga bagian bawah tubuh.

Begitu juga dengan Multi Height Leg Streching Station. Alat ini cukup mudah. Hanya berbentuk pegangan-pegangan memutar. Alat ini membantu pelemasan otot sebelum olahraga berat seperti lari. Sedang, Double Sit Up Board membantu melakukan sit up. Namun, juga dapat digunakan untuk membantu pelemasan otot-otot seperti alat sebelumnya. Begitu juga dengan Horse Rider Machine, dan Parallel Bars. Keduanya memiliki manfaat masing-masing. Soeko menambahkan, masyarakat dapat membaca instruksi penggunaan yang tertera pada masing-masing alat jika dibutuhkan.

‘’Pemasangan ini sengaja untuk memfasilitasi masyarakat sisi barat agar tidak kejauhan. Prinsipnya, pemkot akan terus memberikan apa yang sekiranya dibutuhkan masyarakat,’’ pungkasnya sembari berharap masyarakat turut menjaga fasilitas yang ada.

sourced by: (ws hendro/agi/madiuntoday)

Share

You may also like...